Thursday, October 13, 2005

Cegukan alias hiccups

Beberapa minggu terakhir ini gw ma my chub hub punya hobi baru...ngitungin cegukan aka hiccupsnya si kecil hehehehe
Bingung kan?? Masa di perut bisa cegukan???

Menurut http://www.intelihealth.com, hiccups berasal dari suku kata "hic" yaitu suara yang terjadi ketika otot diagfrahma di bawah paru2 berkontraksi secara tiba2 dan berulang2, menyebabkan seseorang untuk mengambil napas cepat dan pendek. Cegukan ataw hiccups ini normal buat baby, terutama yang cegukan sebelum mereka dilahirkan, sewaktu masih di dalam rahim (uterus). Sebabnya gag diketahui pasti, tapi dipastikan itu merupakan reflek normal, kemungkinan karena sistem saraf yang masiy belum matang. Cegukan pada janin bisa membantu untuk menguatkan otot diagfrahma dan mempersiapkannya untuk proses pernapasan pas dah lahir nanti...

Nanti pas beberapa bulan pertama setelah lahir, cegukan sering terjadi setelah kenyang menyusui. Cegukan biasanya akan hilang setelah beberapa menit dan tidak menimbulkan ketidaknyamanan pada bayi. Jika cegukan bayinya bikin kita gag tega, coba untuk meng-gumohkan/burping si kecil lebih sering selama menyusui gituw katanya hehehe...abis baru teori doang prakteknya masiy nol...:P

Menurut artikel lain dakuw baca, sejak usia 26 minggu, janin sudah bisa melakukan semua gerakan, bahkan mampu menunjukkan perasaannya selayaknya bayi yang sudah lahir. Mereka menggaruk, tersenyum, menangis, cegukan, dan mengisap. Tapi cegukan ini baru dakuw rasain akhir2 ini aja tuh,...

Itu juga qt baru tahu pas baca artikel-nya di internet, kmaren2 siy my chub hub bilang gini,"Minum gih biar si kecil gag cegukan lagi, kecian kan??"...weleh mang ngaruh? :P

2 comments:

Anonymous said...

heheh... dedenya aja yang disuruh minum :)

Iya yun, aku juga baru baca kalow cegukan janin itu artinya sedang pembentukan/penyempurnaan jantung. tapi eh dah bisa nangis juga yak di dalem?

Nah kalow bayi lahir cegukan, mitos bilang: bayinya sedang ngegedein, heheh...

Anonymous said...

hi, salam kenal, aku lg browsing mengenai hiccups pada janin, abisnya janinku yg uda berusia 36 ini sering bgt cegukan, udah lama sih ini aku rasakan setiap pagi dan malam setelah aku minum susu dingin, dan dr info yg aku dapet dr blognya dr. widodo yg bekerja di children allergy centernya RS Bunda cegukan pada janin merupakan indikasi alergi, koq aku jadi khawatir begini yah, btw anak kamu yg sering cegukan ini sehat2 ajah kaan ??? tolong hilangkan kekhawatiran aku donk (maklum anak pertama nih)